Skip to main content

follow us

Silek Kumango Silek Tuo Minangkabau, Jurus dan Tatacaranya

Jurus-jurus Silat Kumango yang diciptakan Syech Abdurahman Al-Khalidi (Syech Kumango). Minangkabau terkenal dengan Ilmu beladirinya yang tangguh dan mematikan. Silek Minangkabau memiliki banyak aliran,  Aliran-silek di Minangkabau yang terkenal salah satunya adalah silek Kumango. Silek kumango memiliki jurus dan tekhnik yang unik.

Seperti diketahui Jurus dalam sebuah gerakan silat adalah ornamen penting. Karena tanpa ada jurus maka sebuah bela diri tersebut tidak akan disebut beladiri. Tanpa keindahan jurus, beladiri silat tidak disebut seni beladiri. Begitu juga dalam silat (silek) Kumango. Silek yang diciptakan oleh Syech Abdurahman Al Khalidi atau lebih dikenal dengan sebutan syech Kumango.

Dalam postingan kali ini, ada 11 jurus silat kumango yang akan dibahas. Jurus-jurus silat/silek kumango ini terkenal dengan Jurus-jurus elakan dan serang yang mematikan. Inilah perbedaan dari jenis silek minangkabau lainnya. Seperti Silek Harimau, Silek Tuo, Silek Tarlak dan lain lain. Berikut pembahasan penting tentang jurus silek kumango oleh syech kumango atau syech Abdurahman al-Khalidi.

Silek Kumango Memiliki sebelas Jurus yaitu :
1. Elakan (kiri luar, dalam)
2. Elakan (kanan luar, dalam)
3. Sambut Pisau
4. Rambah
5. Cancang
6. Ampang
7. Lantak Siku
8. Patah Tabu
9. Sandang
10. Ucak Tanggung
11. Ucak Lapeh

  1. Jurus pertama merupakan elakan (tangkisan) dengan tangan kiri. Elakan tangan kiri (bagandiang) terbagi dua gerakan, yaitu elakan ke luar dan elakan ke dalam.
  2. Jurus kedua merupakan elakan (tangkisan) dengan tangan kanan. Elakan tangan kanan terbagi dua gerakan, yaitu elakan ke luar, dan elakan ke dalam.
  3. Jurus ketiga dinamakan sambuik pisau  berfungsi untuk mengantisipasi serangan apabila musuh memakai pisau.
  4. Jurus keempat dinamakan rambah berfungsi untuk mengantisipasi serangan apabila musuh memakai ladiang atau pisau yang biasanya untuk marambah di parak (kebun) gerakannya menyamping secara horizontal.
  5. Jurus kelima dinamakan cancang untuk mengantisipasi serangan musuh apabila memakai pisau  dengan gerakan dari atas ke bawah berulang-ulang secara vertikal.
  6. Jurus keenam Ampang berfungsi menangkis sambil menyerang bagian rusuk lawan. Dilakukan dalam dua gerakan, ampang kiri dan ampang kanan, menyerangnya bagian rusuk kanan dan kiri.
  7. Jurus ketujuh dinamakan Lantak siku berfungsi untuk menangkis serangan lawan, dan langsung menyerang dengan ujung siku, dilakukan dalam dua gerakan lantak siku kanan dan kiri.
  8. Jurus kedelapan dinamakan patah tabu berfungsi untuk mengantisipasi serangan musuh dan sambil menyerang untuk mematahkan. Dilakukan dalam dua gerakan patah tabu kanan dan kiri.
  9. Jurus kesembilan dinamakan sandang Gerakkannya seperti menyandang, berfungsi untuk membanting lawan.
  10. Jurus kesepuluh dinamakan ucak tanggung berfungsi untuk menarik lengan lawan, siku maupun pangkal lengan (bahu).
  11. Jurus kesebelas  dinamakan ucak lapeh berfungsi untuk menarik, mematahkan lengan lawan sambil di lepar
  12. Jurus ke sebelas merupakan jurus terakhir yang diciptakan dan diturunkan oleh Syech Kumango atau syech Abdurahman al-Khalidi.

Demikianlah Jurus-jurus Silat Kumango yang diciptakan Syech Abdurahman Al-Khalidi (Syech Kumango). Tetap simak blogminangkabau.com untuk update informasi menarik seputar Minangkabau Saisuak, Kini dan Yang Akan Datang. Mau request artikel atau sebaliknya? Silahkan hubungi kontak yang tersedia di pojok kiri atas blogminangkabau.com. Semoga artikel tentang Jurus-jurus Silat Kumango yang diciptakan Syech Abdurahman Al-Khalidi (Syech Kumango) bermanfaat bagi generasi pecinta dan penerus kebudayaan Minangkabau yang eksotis.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar