Skip to main content

follow us

Arti dan Makna Kata Cigok Dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau

Arti dan Makna Kata Cigok Dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau

Arti dan Makna Kata Cigok Dalam Bahasa Minangkabau - Belajar Bahasa Minangkabau Blogminangkabau.com -- Sering mendengar kata cigok dari orang Minang? Tapi tidak tahu arti kata cigok itu? Ingin tahu arti dan Makan Kata Cigok dalam Bahasa Minangkabau? Atau ingin belajar bahasa Minangkabau? Ingin tahu banyak kata dan bahasa Minangkabau? Salah satunya arti dan makna kata Cigok? Kata Cigok dalam bahasa Minangkabau termasuk dalam kata kerja. Lalu apa arti dan makna kata Cigok? Yuk simak ulasan tentang arti dan makna kata Cigok dalam bahasa Minangkabau di bawah ini. Dalam sesi Baraja Baso Minang kali ini di jumat penuh berkah ini. Baca sampai tuntas ya. Baca juga Arti dan Makna Kata Manyungkah Dalam Bahasa Minangkabau.

Sebelum mengulas secara mendalam Arti dan Makna kata cigok dalam bahasa Minangkabau. Ada yang perlu diketahui tentang kata Cigok terlebih dahulu. Kata cigok umumnya digunakan dan diucapkan oleh orang Minangkabau yang berdomisili di daerah darek. Terutama daerah Solok dan sekitarnya. Kata cigok dalam bahasa Minangkabau termasuk kosakata Minangkabau lama yang pada masa sekarang sudah memiliki pergeseran bentuk kata dan makna. Kata Cigok lebih sering diucapkan dan dipelihara serta diajarkan oleh orang tua Minangkabau yang peduli kelestarian bahasa Minangkabau lama. Kata cigok dalam bahasa Minangkabau lebih bersifat kata kerja. Kata cigok memiliki banyak sinonim serupa di berbagai daerah Minangkabau. Baca juga Arti Kato Kakobeh - Baraja Baso Minang.

Langsung saja blogminangkabau.com mengulasnya. Arti dan Makna Kata Cigok dalam bahasa Minangkabau. Kata cigok yang berupa kata kerja adalah kata utama dalam sebuah percakapan dengan bahasa Minangkabau. Agar lebih memahami arti dan makna dari kata Cigok ini, silahkan perhatikan dan simak contoh percakapan dan dialog dalam bahasa Minangkabau di bawah ini.

Mande : "Ondeh Nak Gadih Mande Sibiran Tulang. Lah Lamo Dak Pulang-Pulang. Cigok Juo Lah Mande di Kampuang"

Upiak Kamek : "Mande Kanduang, Pitunjuak Hati. Bukan Denai Dak Namuah Mancigok Pulang. Pitih tu Bana nan Sadang Sayuik Mande"

Bagaimana? Sedikit paham? Kata cigok di atas lebih lebih bersifat dan bermakna sebagai kata yang berarti kembali, melihat.

Untuk lebih memahami arti dan makna dari kata Cigok di dalm percakapan di atas. Coba simak dialog di atas dalam bahasa Indonesia. Kurang lebih seperti di bawah ini:

Mande : "Ondeh (ungkapan) Anak gadis Ibu. Sudah lama tidak kembali ke rumah (dari rantau). Lihat (Cigok) lah juga Ibu di Kampung"

Upiak Kamek : "Ibu Kandung, (Ungkapan). Bukan Aku Tidak Mau Pulang. Kondisi keuangan sedang krisis"

Setelah menyimak percakapan di atas dalam bahasa Indonesia. Apakah dunsanak paham arti dan makna kata Cigok? Baik untuk jelasnya mari lanjutkan membaca ulasan di bawah ini tentang Arti dan Makna Kata Cigok dalam Bahasa Minangkabau berikut ini :

Cigok (verb) = Lihat, Pandang.

Mancigok (verb) = Melihat, Memandang.

Berikut Sinonim dan persamaan dari kata Cigok.

Cigok = Caliak, Silau, Liek, Tinjau (ini adalah bahasa lain dari Cigok yang sering atau umum di gunakan di daerah Minangkabau lainnya) dan Colik (kata ini biasa digunakan di bagian daerah minang darek Ilir seperti Sawahlunto, Sijunjuang, dan Dharmasraya).

Bagaimana Dunsanak? Apa sudah paham dengan arti dan makna dari kata Cigok ini? Jika ada pertanyaan tentang arti dan makna kata Cigok silahkan hubungi admin blogminangkabau.com di laman kontak yang tersedia di sudut kanan atas blogminangkabau.com ini. Baca juga Arti Kata Manongkang Dalam Bahasa Minangkabau – Belajar Bahasa Minangkabau.

Dunsanak bisa berkontribusi di blog ini dengan mengirimkan tulisan dan donasi ke nomor rekening 911082285333898 atau donasi berupa pulsa ke 082285333898.

Demikianlah penjelasan arti dan makna dari kata cigok di Minangkabau. Semoga artikel Arti dan Makna dari Kata Cigok Dalam Bahasa Minangkabau ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan dunsanak tentang Minangkabau khususnya bagi Dunsanak pembaca yang sedang baraja baso Minang. Terimakasih telah membaca dan membagikan di sosmed artikel berjudul Arti dan Makna Kata Cigok Dalam Bahasa Minangkabau.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar