Skip to main content

follow us

Arti Kata Lareh dalam Bahasa Minang – Belajar Bahasa Minangkabau

Arti Kata Lareh dalam Bahasa Minang – Belajar Bahasa Minangkabau


Blog Minangkabau -- Jika berteman dengan orang Minangkabau yang tutur dan bahasanya masih menggunakan logat, dialeg dan Bahasa Minangkabau. Pasti anda akan tahu dan pernah dengar dia menyebukan kata Lareh. Nah penasaran dengan Arti Kata Lareh dalam Bahasa Minang? Mari simak ulasan artikel kali ini yang berjudul Arti Kata Lareh dalam Bahasa Minang – Belajar Bahasa Minangkabau.

Arti kata Lareh dalam Bahasa Minang memiliki banyak artian. Tergantung dalam kalimat seperti apa digunakan kata lareh tersebut.  Berikut contoh kalimat yang di dalamnya terdapat kata lareh. 

1. Lareh Bodi Caniago jo Lareh Koto Piliang  
2. Oi Nak kanduang sibiran Tulang, jang bamain Hape Jo, Caliak lah di lua tu, Baju lah bih lareh a, Kumuahnyo beko.

Pada contoh kalimat pertama, Lareh artinya adalah Golongan, Mungkin lebih tepatnya kelompok dalam satuan hukum. Namun penulis sangat heran dengan penulisan pada buku-buku Budaya Minang. Umumnya buku tersebut menulis dengan Kelarasan Bodi Caniago dan Kelarasan Koto Piliang. Menurut hemat penulis (Personal Opini), Penulisan kelarasan hanyalah bersifat atau lebih mirip kepenulisan kata Laweh yang ditulis dalam bahasa indonesia Lawas. Penulis sangat heran apa dasar dan tata aturan nya menulis kata minang seperti itu? 

Sama seperti penulisan Lareh yang ditulis Laras. Lareh dalam kalimat ddi atas seperti yang dibahas sebelumnya lebih berat bermakna sebagai golongan atau kelompok atau dalam kesukuan. Lalu laras apa artinya? Jika laras dilihat di KBBI memiliki arti yang sangat berbeda dengan arti lareh yang sesungguhnya. Jadi sebenarnya bahasa minang ini tidak bisa di indonesiakan penulisan katanya. Ini yang harus diperbaiki. Makanya dalam beberapa tulisan di BlogMinangkabau.com ini lebih membiasakan penulisan tempat dan kata sesuai ejaan dan penyebutan. Bukan di Indonesiakan alias di Indomiekan.

Jadi arti lareh menurut kalimat pertama adalah sebagai berikut :

Lareh(S) = Kelompok, Golongan dan Kelompok Kesukuan(S)


Sedangkan arti Lareh dalam kalimat kedua adalah jatuh. Berikut arti kalimat di atas dalam bahasa Indonesia.

Oi Nak kanduang sibiran Tulang, jang bamain Hape Jo, Caliak lah di lua tu, Baju lah bih lareh a, Kumuahnyo beko.

Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :

Oi Anakku yang sangat kusayangi,berhentilah main Handphone. Lihatlah di luar. Baju telah berjatuhan, Nanti kotor.

Apa sudah mengerti, Jadi kesimpulannya arti Lareh itu adalah sebagai berikut:

Lareh = Jatuh


Kata yang memiliki arti sama dengan kata lareh adalah Balabuak, Balambin, Jatuah. baLapoh.

Kesimpulannya kata Lareh pada kalimat pertama adalah subyek, Sedangkan arti kata lareh dalam kalimat kedua adalah prediket. 

Nah apakah sudah paham dengan arti kata lareh? Apakah sudah mengerti Arti Kata Lareh dalam Bahasa Minang – Belajar Bahasa Minangkabau? Untuk menguji pemahaman anda tentang kata lareh, penulis akan buatkan satu contoh kalimat lain yang bisa anda terjemahkan ke Bahasa Indonesia. Anda bisa artikan kalimat tersebut di kolom komentar ya.

Alah bih Lareh Karambia Kalapo di Parak Si Malin.

Silahkan Artikan ke Bahasa Indonesia di kolom komentar ya. Di kolom Komentar di bawah Artikel yang berjudul Arti Kata Lareh dalam Bahasa Minang – Belajar Bahasa Minangkabau ini. Semoga artikel ini bermanfaat. salam

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar